jalan menuju keberhasilan

Template by:
Free Blog Templates

Sabtu, 24 November 2012

Cara Mengatasi Masalah Wireless Tidak Hidup Di Laptop


Kali ini saya mau sedikit share pengalaman saya bersama lampu indikator wireless tercinta. Kemarin saya coba-coba menjelajahi daleman laptop dan salah satunya otak-atik pengaturan wireless. Saat itu saya sedang online dan terkoneksi lewat wireless di rumah. Pada bagian Wireless Network Connection Status tersebut saya coba klik disable karena iseng lihat tulisannya yang unyu-unyu. Alhasil tiba-tiba koneksi internet langsung tewas di tempat (padahal lagi download). Saya panik lalu loncat ke dinding sambil nyemprotin jaring laba-laba kaya spiderman #korbanfilm. Saya coba pijet-pijet tombol wirelessnya tapi lampu dan sambungan wirelessnya tetap nggak nyala-nyala lagi. Saya restart laptopnya tapi hasilnya tetap sama. Lampu wireless yang biasanya berkelap-kelip bagai bintang di surga pun tidak berdisko malam itu.

Saya coba googling dan hasilnya pun nihil (lha yang di googling foto-foto jajanan buka puasa, mana mungkin ketemu). Setelah otak-atik sebentar akhirnya bisa lagi. Perlu diketahui bahwa penyebab tombol wireless laptop saya tidak aktif dan lampu indikator serta sambuangan wirelessnya tidak jalan karena unable bukan karena belum terinstall atau kerusakan hardware. Kalaupun Anda kesasar ke blog ini karena kata kunci tercebut ya dicoba dulu cara ini, siapa tahu bisa. Dan cara ini sudah saya terapkan pada Laptop dan Notebook adik saya yang beda merek tapi dengan OS Windows 7, berikut langkah-langkahnya :
1.     Pilih Start lalu ketik Device Manager di kotak Search programs and file.
Start >> Device Manager
2.   Selanjutnya klik pada Device Manager, lalu akan muncul jendela baru Device Manager.
Membuka Device Manager
3.     Cari Network Adapters lalu klik 2 kali, maka akan muncul beberapa sub menu.
Network Adapters
4.  Cari sub menu yang ada kata Wireless Network Adapter, kalau disable maka akan ada panah hitam ke bawah pada gambar ikon di sebelah kiri judul sub menu.

Wireless Network Adapter
5.   Dan untuk mengaktifkannya tinggal klik tombol dengan ikon gambar panah ke atas warna hijau di bawah toolbar menu utama.

Tombol Enable
Atau klik 2 kali pada Wireless network adapter lalu pilih Enable Device >> Next >> Finish.

Enable Device
6.     Kalau sudah enable maka gambar panah hitam ke bawah pada ikon gambar Wireless Network Adapter itu akan hilang. Bisa dicek dengan klik 2 kali pada Wireless Network Adapter. Terdapat keterangan This device is working properly pada kotak Device Status yang artinya perangkat Wireless bekerja dengan baik.

Device Working Properly
7.  Selanjutnya tinggal dicek, dengan dihubungkan pada koneksi wireless terdekat. Apakah lampu wirelessnya masih mati atau sudah bisa digunakan untuk berinternet ria.
Semoga bermanfaat bagi yang kesasar ke blog ini. Tapi kalau nggak bisa ya saya mohon maaf karena saya bukan ahlinya. Sekian dan terima kasih, Happy Online !!!


0 komentar:

Poskan Komentar